PROPOSAL BISNIS PLAN "MARTABAK BUAH MINI"



PROPOSAL BINIS PLAN
“Martabak Buah Mini”

 


Disusun Oleh:
Dwi Septi Riany (3160111061)



UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
D3 AKUNTANSI
2017/2018

HALAMAN PENGESAHAN

1. Judul : “Martabak Buah Mini”
2. Ketua pelaksana
a. Nama : Dwi Septi Riany
b. Nim : 3160111061
c. Semester : 3 (Tiga)
d. Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi
3. Pembimbing   : Syafruddin, S.E., M.M
4. Jumlah Anggota : -
5. Rencana Biaya
a. DIKTI : Rp.6.181.000
b. Sumber lain : -
6. Jangka Waktu Pelaksanaan : 3 bulan
7. Lokasi Usaha : Yogyakarta

Yogyakarta, 18 Desember  2017

Mengetahui,
Ketua Program Studi Akuntansi       Ketua Pelaksana Kegiatan




Dra.Lilis Endang Wijayati W,M.Si., Ak., CA Dwi Septi Riany
NIK. 110692009 NIM. 3160111061


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dosen Pembimbing




Dr. Junaidi, M. Si., Ak., CA Syafruddin, S.E.,M.M
NIP. 19601217198601100



DAFTAR ISI

Sampul i
Halaman pengesahan ii
Daftar isi iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Visi, Misi, Tujuan 1
BAB II GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1 Rencana Usaha 3
2.2 Analisis Pasar Dan Pemasaran 3
2.3 Strategi Pemasaran 4
2.4 Analisis Operasional 5
2.5 Analisis SWOT 6
2.6 Produk 6
2.7 Proses Pembuatan 6
BAB III METODE PELAKSANAAN 7
BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya 9
4.2 Jadwal kegiatan Biaya 10
Lampiran 1 11
Lampiran 2 13
Lampiran 3 14
Lampiran 4 15


























BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar  Belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati – hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa ini banyak makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Mayoritas masyarakat menginginkan makanan yang rasanya enak dan murah, tanpa memperdulikan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah saya menyediakan makanan yang rasanya enak dengan cukup murah, sederhana, higienis dan aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hal ini tentu juga akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi cocok menjadi makanan konsumsi untuk waktu santai, sekaligus cukup istimewa adalah Martabak Buah Mini. Keberadaan Martabak Buah Mini sebagai salah satu makanan trdisional khas Indonesia memiliki rasa yang enak, inovatif, kreatif, nikmat, mengandung protein dan juga lezat telah dikenal dari masa ke masa, sehingga usaha ini memang layak dikembangan sebagai usaha alternatif.
Dengan melihat potensi atau kelebihan diatas, maka saya ingin membuat usaha agar masyarakat tidak pernah lupa dengan makanan tradisional khas Indonesia. Apalagi martabak buah manis ini tidak memandang usia, dari anak kecil sampai orang dewasa menyukai ditambah dengan varian buah yang segar dapat menarik perhatian anak-anak untuk memakannya dan kami tidak mengurangi protein atau nutrisi yang ada didalam buah yang akan kami sajikan untuk toping martabak kami. Ukurannya juga mini dan tidak terlalu menguras dompet. Martabak Buah Mini ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari maupun pagi hari, dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha ini.

1.2   VISI, MISI, DAN TUJUAN
a.      Visi
Menjadikan Martabak Manis sebagai makanan tradisonal khas Indonesia yang mampu menembus pasaran dunia
b. Misi
·       Memberikan kualitas yang terbaik.
·       Memberikan pelayanan yang terbaik
·       Membuat martabak manis yang memiliki aneka rasa
·       Memasarkan martabak manis di pasar tradisional maupun pasar modern
·       Mendirikan usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia
c. Tujuan Usaha
·         Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
·         Menambah pengalaman kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
·         Menambah pengalaman ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan    kegiatan usaha
·         Mewujudkan kemampuan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
·         Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat yang mampu di andalkan. 




































BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

2.1 Rencana Usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis martabak manis buah mini yang kami rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama.
3. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula saya membangun jaringan dengan beberapa toko supaya usaha saya tidak terkendala mengenai bahan baku. Akan menambah daftar menu agar tidak melulu itu-itu saja, tetapi masih dalam lingkup tema  buah.

2.2. Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha terang bulan kelompok kami yaitu:
1. Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat-tempat yang strategis dan di pinggir-pinggir jalan utama yaitu jalan raya sesetan. Tempat-tempat lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat  sehingga usaha kami ini mudah untuk dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasar saya yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha saya berdiri.
2. Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp3500 sampai dengan Rp 20000, tergantung ukuran, rasa dan topping yang dipilh.

2.3. STRATEGI PEMASARAN
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita.
2. Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, instagram, blog,dll.
3. Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara menambah pasar baru untuk memperluas jangkauan yang sudah dimiliki
4. Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa plain, strawberry, blueberry dan juga menggunakan topping yang bermacam- macam antara lain chocolate cerees, strawberry, blueberry, srikaya, keju, nanas dengan harga yang terjangkau dan lebih bervariasi sehingga para konsumen tidak merasa bosan.
5. Langkah-langkah promosi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
a. Pada setiap hari minggu konsumen dengan pembelian lebih dari Rp.50000 akan mendapat bonus martabak dengan toping yang diminta oleh pelanggan tersebut.
b. kami tidak akan melewatkan suatu event besar seperti HUT kota, hari kemerdekaan, dikota agar masyarakat lebih luas mengenal martabak buah mini ini dan menarik perhatan mereka.
c. Penjual harus selalu ramah pada saat melayani pelanggannya.

2.4 ANALISIS OPERASIONAL
a. Analisis aspek SDM
Untuk mendukung kelangsungan usaha ini dibutuhkan beberapa elemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang terkait didalamnya. Adapun Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam kelangsungan usaha ini, yaitu:
§ Distributor
Agar usaha ini dapat bertahan dan berjalan dengan baik, maka saya melakukan kerjasama dengan distributor-distributor  bahan baku, sehingga bahan-bahan dari terang bulan ini mudah didapatkan. Distributor yang saya maksud merupakan orang yang memasok barang-barang yang usaha saya.
§ Tenaga Kerja
Dalam bisnis jualan ini kita tidak memerlukan sumber daya manusia yang ahli dan skill yang khusus seperti sarjana dll, akan tetapi yang diperlukan adalah orang yang mau bekerja secara tekun / telaten, sabar, kerja keras dan tidak gengsi karena ini merupakan pekerjaan remeh menurut pandangan masyarakat tertentu.
§ Masyarakat Sekitar
Selain SDM dari distributor dan tenaga kerja selanjutnya masyarakat juga berperan penting dalam kelancaran usaha ini, karna kita juga harus memiliki hubungan baik dengan masyarakat setempat, karna apabila kita tidak mempunyai hubunga baik maka bisa saja usaha kita tidak disenangi sehingga dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga disinilah kita sebagai wirausaha harus mempunyai sikap yang baik dan jujur terhadap siapa saja.

2.5 ANALISIS SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
1. Faktor internal.
a . Strengths (Kekuatan)
 Penyajian martabak ini sangatlah sederhana tanpa memerlukan banyak waktu dalam penyajiannya.
 Harga ini cukup terjangkau, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
 karena produk ini mempunyai banyak rasa, sehingga konsumen dapat memilih rasa dan topping yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
 Perlengkapannya mudah di dapatkan.
b. Weakness (Kelemahan)
 Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
 Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
2. Faktor eksternal
a. Opportunities (Peluang / kesempatan)
 Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan makanan terutama pada malam hari, sehingga terang bulan bisa menjadi alternatif sebagai makanan pengganti makanan pokok/cemilan.
 Sebagian besar penjual terang bulan pada umumnya hanya menjual terang bulan dengan rasa plain dan hanya dengan topping chocolate dan keju. Sedangkan terang bulan21 akan memberikan varian rasa dan topping yang beraneka ragam.
 karena terang bulan dapat dinikmati oleh masyarakat  yang muda atau yang tua maka saasaran pasar saya adalah semua kalangan masyarakat.
b. Threats (Ancaman)
melihat banyaknya persaingan di sekitar wilayah Denpasar, maka kami menunjukkan sesuatu hal yang berrbeda dengan mengkreasikan terang bulan dengan berbagai macam rasa dan topping, serta memberikan layanan dengan sepenuh hati dan menerima semua masukan dari pelanggan supaya ada masukan dari pasar konsumen, sehingga saya dapat berinovasi dan terhindar dari usaha yang bangkrut.

2.6 Produk
Produk yang saya tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
a. Coklat
b. Kacang
c. Keju
d. Strowberry
e. Nanas
f. Blueberry
g. Srikaya

 2.7   Proses Pembuatan
          Untuk membuat martabak manis, bahan-bahan yang diperlukan dan proses produksinya seperti berikut :
Bahan:
     * 2 butir telur
     * 450 ml air
     * 350 gr tepung terigu serbaguna
     * 75 gr gula pasir
     * 25 gr susu bubuk full cream
     * 5 gr garam
     * 5 gr baking soda
     * 1 gr vanili bubuk
     * 50 ml minyak sayur
     * Filling: susu kental manis, keju, mesyes, kacang tanah, wijen *sesuai selera*
Cara membuat:
a) Kocok lepas telur, masukkan air hingga air berbuih.
b) Campur rata semua bahan kering,masukkan ke dalam air. Kocok hingga semua bahan larut.
c) Masukkan vanili dan minyak sayur aduk rata. Diamkan adonan selama 30 menit.
d) Tuang ke dalam cetakan martabak manis yg sudah dipanaskan, tutup sampai permukaan berpori-pori. Tabur dengan sedikit gula pasir pada permukaan. Tutup kembali hingga matang
e) Angkat dan oles dengan butter, tabur dengan bahan filling
f) Lipat oles atasnya dengan butter, potong2.























BAB III
METODE PELAKSANAAN

1. Produk ini saya kelola dengan baik dengan bahan-bahan yang terjamin higenis pula, sudah terjamin kebersihan dan terjaga. Mka dari itu tidak usah khawatir dengan kebersihan. Bisa dibuktikan dan dilihat ke stand. Pada saat pembukaan stand untuk pertama kalinya, saya akan memberikan martabak spesial yang bisa dicicip oleh calon pembeli agar tertarik dan membelinya. Bentuk martabak saya memang bulat seperti pada umumnya tetapi ada yang berbeda juga karena saya memilih toping buah-buahan yang segar dan dijamin semua bahan baku yang saya pakai 100% HALAL.
2. Metode pengumpulan data metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha roti bakar ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.
3. Survei bahan baku sangat penting dalam usaha roti bakar, karena tanpa tersedianya bahan baku, sudah pasti usaha ini tidak akan berjalan lancar, salah satu faktor yang mendukung usaha roti bakar ini ialah bahan baku, maka dari itu kami membagi tugas untuk survei dan menjalin kerja sama dengan salah satu pabrik roti maupun toko roti yang menjual bahan baku tersebut.
4. Pembuatan bahan baku pada pembuatan adonan martabak bisa dibagi dua, yaitu bahan baku untuk membuat adonan kulit dan isi martabak. Bahan baku untuk membuat adonan kulit martabak manis antara lain tepung terigu, mentega, susu segar, gula pasir, telur, ragi roti, baking powder, dan garam.  
5. Packing (Pengemasan)
Saya mengemas martabak yang saya jual dari bahan kardus makanan yang dilapisi kertas minyak dibawahnya. Kardus makanan sesuai yang dibutuhkan.
6. Sosialisasi kepada masyarakat Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan cita rasa yang sesui dengan lidah konsumen dan berbeda dari roti bakar lainnya, untuk tahap awal kami memberi secara cuma-cuma kepada tetangga sekitar dan pelanggan 5 orang pertama. Setelah mendapat respon yang bagus baru kami berani mengembangkan usaha roti bakar ini, tidak lupa pula kami menjelaskan kepada konsumen tentang kandungan gizi dan manfaat roti bagi tubuh manusia melalui selebaran yang kami tempel dan diletakkan didekat meja maupun gerobak dagangan.
7. Penjualan atau pemasaran produk Penjualan dilakukan setelah selesai segala aktifitas kuliah, bisanya dilakukan dari sore hingga malam hari, tergantung dari bahan baku yang kami punya setiap malamnya. Kami juga menerima pesanan dalam jumlah kecil, berhubung modal kami terbatas, maka kami tidak berani menerima pesanan dalam jumlah yang banyak.
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya
a. Jangka Panjang
No.
Barang
Banyaknya
Harga
1.
Gerobak
1
Rp 3.500.000,-
2.
Kompor
1
Rp 250.000,-
3.
Tabung gas
3 kg
Rp 170.000,-
4.
Teflon Martabak Mini FullSet
2
Rp 200.000,-
5.
Alat pemotong
2
Rp 80.000,-
6.
Toples
7
Rp 100.000,-
7.
Lap Tangan
3
Rp 30.000,-
8.
Kotak sampah + Ember
2
Rp 30.000,-
9.
Bola Lampu
3
Rp 100.000,-
10.
Kabel
1 meter
Rp 50.000,-
11.
Saklar Lampu
1
Rp 40.000,-
12.
Banner
2 meter
Rp 100.000,-

Total
Rp 4.620.000

b.    Jangka Pendek/hari
No
Barang
Banyaknya
Harga
1.
Terigu
2 kg
Rp 14.000,-
2.
Telur
2 kg
Rp 30.000,-
3.
Gula Pasir
1 kg
Rp 10.000,-
4.
Garam  
1 bungkus
Rp 2000,-
5.
Soda Kue
1 bungkus
Rp 3000,-
6.
Blue Band
1 bungkus
Rp 5000,-
7.
Pewarna Kuning
1 bungkus
Rp 3000,-
8.
Fermipan
1 bungkus
Rp 3000,-
9.
Kacang Tanah
½ kg
Rp 5000,-
10.
Keju
1 bungkus
Rp 16.000,-
11.
Meises
1 kg
Rp 5000,-
12.
Susu Kental Manis
1 kaleng
Rp 7000,-
13.
Varian Rasa (7)
1 kg @Rp 10. 000,-
Rp 70.000,-
14.
Plastic
2 pack @Rp 25.000,-
Rp 50.000,-
15.
Kardus
40 @Rp 2000,-
Rp 80.000,-

Total

Rp 223.000
 Jangka pendek /hari : 223.000 x 7(hari) = Rp 1.561.000
c. Biaya Penjualan
     
No
Nama Biaya
Biaya (Rp)
1.
Biaya Transportasi
Rp. 30.000
2.
Biaya sewa tempat
Rp. 25.000
3.
Biaya listrik dan air
Rp. 10.000
4.
Biaya lainnya
Rp. 10.000

Total
Rp. 95.000
       

Jadi total modal awal untuk kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek adalah:
Rp. 4.620.000 +  Rp. 223.000(x 7 hari) =  Rp.6.181.000
      




4.2  JADWAL KEGIATAN PROGRAM
Kegiatan Pra-Operasional dan Jadwal Pelaksanaan
Jenis Kegiatan Pra-Operasional
Jadwal Pelaksanaan
Biaya
Pra-Operasional
Bulan Ke-1
Bulan Ke-2
Bulan Ke-3
Bulan Ke-4
1.      Survey Pasar




0
2.      Menyusun Rencana Usaha




0
3.      Survey Tempat Usaha




0
4.      Survey Perlengkapan




0
5.      Uji Coba Penjualan




0
TOTAL
0












LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota
 Identitas Diri Ketua
1
Nama Lengkap
Dwi Septi Riany
2
Jenis Kelamin  L/P
P
3
Program Studi   
Akuntansi D3 2016
4
NIM
3160111061
5
Tempat dan Tanggal Lahir   
Pati, 12 September 1998
6
E-mail   
Septiriany09@gmail.com
7
Nomor Telepon/HP   
089525001381
Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi       
SDN 1 Kutoharjo
SMP N 3 Plaosan
SMA N 3 Magetan
Jurusan

-
IPA
Tahun Masuk-Lulus       
2004-2010
2010-2013
2013-2016

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.  
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan bisnis plan 2017.


Yogyakarta, 20 Desember 2017
      Pengusul,



Dwi Septi Riany
NIM. 3160111061
A. Identitas Diri Dosen Pembimbing
1
Nama Lengkap
Syafruddin, S.E., M.M                                                                            
2
Jenis Kelamin  

3
Program Studi   

4
NIM

5
Tempat dan Tanggal Lahir   

6
E-mail   

7
Nomor Telepon/HP   

B. Riwayat Pendidikan

SD
SMP
SMA
Nama Institusi       



Jurusan



Tahun Masuk-Lulus       



C. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No.
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1    



2   



    




D.  Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir
No.  
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun  












Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.  
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan bisnis plan 2017.
Yogyakarta, 20 Desember  2017
Pembimbing,

Syafruddin, S.E., M.M

Lampiran 2 Justifikasi Anggran Kegiatan
Penunjang Peralatan
No.
Barang
Banyaknya
Harga
1.
Gerobak
1
Rp 3.500.000,-
2.
Kompor
1
Rp 250.000,-
3.
Tabung gas
3 kg
Rp 170.000,-
4.
Teflon Martabak Mini FullSet
2
Rp 200.000,-
5.
Alat pemotong
2
Rp 80.000,-
6.
Toples
7
Rp 100.000,-
7.
Lap Tangan
3
Rp 30.000,-
8.
Kotak sampah + Ember
2
Rp 30.000,-
9.
Bola Lampu
3
Rp 100.000,-
10.
Kabel
1 meter
Rp 50.000,-
11.
Saklar Lampu
1
Rp 40.000,-
12.
Banner
2 meter
Rp 100.000,-

Total
Rp 4.620.000

Biaya Bahan Baku
No
Barang
Banyaknya
Harga
1.
Terigu
2 kg
Rp 14.000,-
2.
Telur
2 kg
Rp 30.000,-
3.
Gula Pasir
1 kg
Rp 10.000,-
4.
Garam  
1 bungkus
Rp 2000,-
5.
Soda Kue
1 bungkus
Rp 3000,-
6.
Blue Band
1 bungkus
Rp 5000,-
7.
Pewarna Kuning
1 bungkus
Rp 3000,-
8.
Fermipan
1 bungkus
Rp 3000,-
9.
Kacang Tanah
½ kg
Rp 5000,-
10.
Keju
1 bungkus
Rp 16.000,-
11.
Meises
1 kg
Rp 5000,-
12.
Susu Kental Manis
1 kaleng
Rp 7000,-
13.
Varian Rasa (7)
1 kg @Rp 10. 000,-
Rp 70.000,-
14.
Plastic
2 pack @Rp 25.000,-
Rp 50.000,-
15.
Kardus
40 @Rp 2000,-
Rp 80.000,-

Total

Rp 223.000













Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No
Nama / NIM
Program
Studi
Bidang Ilmu
AlokasiWaktu
(jam/minggu)
Uraian Tugas
1       
Dwi Septi Riany/ 3160111061
Akuntansi
Ekonomi
10 jam/minggu
Penyusunan proposal, perijinan usaha
























Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Kegiatan
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS TEKNOLOGI YOGYAKARTA
Kampus 1 – Jombor – Yogyakarta
50229
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan
Email: uty.ac.id, Telp/Fax: (024) 8508003
SURAT PERNYATAAN KETUA PENILITI/PELAKSANA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Dwi Septi Riany
NIM : 3160111061
Program Studi : D3 Akuntansi
Fakultas : Ekonomi Dan Bisnis
Dengan ini menyatakan bahwa usulan Bisnis Plan Kewirausahaan  saya dengan judul: MARTABAK BUAH MINI
yang diusulkan untuk tahun anggaran 2017 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan             Yogyakarta, 25 Oktober 2017 Yang Menyatakan,  


Dr. Junaidi, M.Si., Ak., CA   Dwi Septi Riany
NIP. 19601217198601100     NIM. 3160111061

Komentar